Game adalah bagian integral dari kehidupan manusia. Penelitian psikologis terbaru telah membuktikan bahwa permainan bukan hanya apa yang dilakukan anak-anak kecil dengan mainan mereka saat orang tua sibuk. Game adalah mekanisme budaya penting yang membantu melewati pengalaman antar generasi dan berorientasi di dunia. Dengan bermain game, manusia belajar bagaimana berperilaku di lingkungan mereka dan memperoleh nilai, keyakinan, dan pola perilakunya. Tetapi bahkan setelah mereka dewasa, orang-orang terus memainkan permainan psikologis dengan melakukan peran dalam kehidupan pribadi dan sosial mereka.

Namun, game telah menerima satu arti penting baru-baru ini. Ini telah menjadi bukan cara untuk beradaptasi dengan dunia di sekitar kita dan bertindak di sana, melainkan untuk melarikan diri darinya. Semakin banyak orang menggantikan kebutuhan, pencapaian, teman, dan bahkan kehidupan nyata mereka dengan yang virtual dan menghilang di dunia game. Fenomena yang disebut ketergantungan permainan ini dibahas secara luas; dan psikolog mencoba menjelaskan dan mengatasinya. Artikel itu menggunakan beberapa hasil penelitian ini dan melihat lebih dekat aspek psikologis dari motivasi bermain orang. Ini mempertimbangkan kebutuhan dasar manusia apa yang dapat ditransfer di area game virtual dan puas di sana.

Topik khusus artikel ini adalah game seluler. Harus diperhatikan bahwa situasi dengan game seluler tidak separah game komputer. Orang cenderung tidak menghabiskan waktu lama dengan smartphone mereka, dan itu bagus. Itulah alasan mengapa artikel ini tidak akan menginstruksikan orang bagaimana membuat “bom” mencuri gamer dari keluarga mereka. Ini seharusnya menjadi pedoman bagi pengembang perangkat lunak seluler untuk membantu mereka menciptakan produk yang menarik dan menarik yang dapat “mengikat” pengguna.

Kebutuhan manusia yang dapat dipenuhi dalam game mobile:

1. Kebutuhan untuk berprestasi.

Salah satu godaan paling signifikan dari happy mod sebuah game adalah memberi orang biasa kemungkinan untuk menjadi siapa pun yang mereka inginkan. Peluang plot permainan dan karakternya tidak terbatas, dan kriteria kemungkinan hanya opsional. Jadi, seorang manajer biasa-biasa saja pulang, menyalakan PC-nya, meluncurkan game – dan menjadi dewa yang luar biasa di alam semesta yang fantastis. Semakin lama dia bermain, semakin banyak keterampilan, pengalaman, dan poin yang dia dapatkan; dan imbalan ini sangat berharga baginya. Sebuah permainan memberi pemainnya kemungkinan untuk menjadi sesuatu yang lain, orang yang lebih baik, lebih penting, dan menjadi lebih sukses daripada yang mungkin dia alami dalam kehidupan nyata. Pencapaian dalam game seluler lebih “menonjol” daripada di dunia nyata: pencapaian tersebut dapat dibuat lebih cepat dan mudah daripada di dunia nyata; dan hasilnya jauh lebih visual (sayangnya, tidak ada yang menerima koin emas atau bintang setelah melakukan sesuatu dengan baik di kehidupan nyata). Proses pengumpulan prestasi permainan yang menarik ini dapat dianggap sebagai semacam pengganti pengembangan diri dunia nyata.

Mengapa aspek ini penting bagi pengembang perangkat lunak seluler? Dengan membuat game, dia harus memberi penghargaan kepada pengguna atas kemajuannya dengan murah hati. Bintang, koin, sumber daya tambahan, level bonus, dll. membuat pemain merasakan kesuksesan mereka, menikmatinya – dan kembali ke permainan lagi dan lagi untuk menyegarkan perasaan ini.

2. Kebutuhan akan rasa hormat.

Dihormati dan dihargai oleh orang lain adalah sisi penting dari kehidupan sosial masyarakat. Bermain sendirian itu bagus. Bermain dengan orang lain, menunjukkan prestasi kepada mereka, memenangkan kompetisi yang berbeda dan dikagumi dan dianggap oleh pemain lain adalah hal yang sempurna. Menang terasa sangat menyenangkan. Ada dua jenis kompetisi utama dalam game seluler: langsung dan tidak langsung. Dalam kompetisi langsung, pemain bertarung dengan musuh online, atau memainkan pertandingan melawan lawan online secara tatap muka. Dalam kompetisi tidak langsung, permainan dilakukan dalam mode pemain tunggal, tetapi ada papan peringkat yang menunjukkan nama-nama pemain terbaik. Dalam hal itu