May 24, 2022

Membiayai Puncak dan Lembah Arus Kas

Bagi banyak bisnis, membiayai arus kas untuk bisnis mereka bisa seperti naik roller coaster terus menerus.

Penjualan naik, lalu turun. Marginnya site bagus, lalu rata. Arus kas dapat berayun bolak-balik seperti grafik EKG serangan jantung.

Jadi, bagaimana Anda membiayai arus kas untuk jenis bisnis ini?

Pertama, Anda perlu mengetahui dan mengelola biaya tetap bulanan secara akurat. Terlepas dari apa yang terjadi sepanjang tahun, Anda harus mengetahui jumlah dana yang diperlukan untuk menutupi biaya operasional berulang dan terjadwal yang akan terjadi baik Anda melakukan penjualan atau tidak. Melakukan ini setiap bulan selama siklus dua belas bulan penuh memberikan dasar untuk pengambilan keputusan arus kas.

Kedua, dari tempat Anda berada sekarang, tentukan jumlah dana yang tersedia dalam bentuk tunai, pemilik di luar modal yang dapat diinvestasikan dalam bisnis, dan sumber luar lainnya yang ada saat ini.

Ketiga, proyeksikan arus kas Anda sehingga biaya tetap, utang usaha yang ada, dan piutang usaha secara realistis dimasukkan ke dalam minggu dan bulan mendatang. Jika uang tunai selalu ketat, pastikan Anda melakukan arus kas setiap minggu. Ada terlalu banyak variabilitas selama satu bulan untuk diproyeksikan hanya setiap bulan.

Sekarang Anda memiliki dasar untuk menilai pembiayaan arus kas Anda.

Arus kas pembiayaan selalu akan menjadi agak unik untuk setiap bisnis karena industri, sektor, model bisnis, tahap bisnis, ukuran bisnis, sumber daya pemilik, dan sebagainya.

Setiap bisnis harus menilai sendiri sumber arus kas pembiayaan, termasuk namun tidak terbatas pada investasi pemilik, pembiayaan perdagangan atau hutang, pengiriman uang pemerintah, diskon piutang untuk pembayaran lebih awal, deposito penjualan, pembiayaan pihak ketiga (pinjaman kredit, pinjaman berjangka, anjak piutang , pembiayaan pesanan pembelian, pembiayaan inventaris, pinjaman berbasis aset, atau apa pun yang relevan bagi Anda).

Oke, jadi sekarang Anda memiliki bantalan arus kas dan pemahaman menyeluruh tentang pilihan Anda yang tersedia untuk membiayai arus kas dalam model bisnis spesifik Anda.

Sekarang apa?

Sekarang Anda berada dalam posisi untuk mendapatkan peluang penjualan di masa depan yang sesuai dengan arus kas Anda.

Tiga poin untuk memperjelas sebelum kita melangkah lebih jauh.

Pertama, pembiayaan tidak sepenuhnya tentang mendapatkan pinjaman dari seseorang ketika arus kas Anda membutuhkan lebih banyak uang. Ini adalah proses menjaga arus kas Anda tetap positif dengan biaya serendah mungkin.

Kedua, Anda hanya harus memasarkan dan menjual apa yang Anda bisa arus kas. Pemasar akan mengukur ROI dari inisiatif pemasaran. Tetapi jika Anda tidak dapat mengalirkan kas bisnis untuk menyelesaikan penjualan dan mengumpulkan hasilnya, tidak ada ROI untuk diukur. Jika Anda memiliki bisnis dengan penjualan dan margin yang berfluktuasi, Anda hanya dapat melakukan transaksi yang dapat Anda biayai.

A note to our visitors

This website has updated its privacy policy in compliance with changes to European Union data protection law, for all members globally. We’ve also updated our Privacy Policy to give you more information about your rights and responsibilities with respect to your privacy and personal information. Please read this to review the updates about which cookies we use and what information we collect on our site. By continuing to use this site, you are agreeing to our updated privacy policy.